ATAS NAMA MODE #1




Waktu itu pukul 12 siang.Fulan mengamati anak-anak SMA yang sedang pulang seolah. Beragam. Ada yang setelannya pake celana penghapus, eh pensil, plus hair stylenya emo yang poninya ampe semata. Ada yang sok-sokan pake tas samping, baju kancingnya dibuka, terus iya, rambutnya udah kayak El Shaarawy dikutuk. Sok-sokan spiky tapi gak jadi.Nah, ada lagi celana nya gantung, pake peci, pokoknya penampilannya islami deh. Terus orang ini diteriakin sambil kayak nada ngejek, “Ya nabiii salaam ‘alaaika”
 Fulan terbingung, “Inikah islam sekarang?”
 
El Shaarawy
Hamba Mode
Islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin. Rahmat buat alam semesta. Agama yang palikng rinci, sampe masalah sekecil masuk toilet ato batesan celana ada di Islam. Allah berfirman :
اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي و رضيت لكم الإسلام ديناً
“Pada hari ini telah Aku sempurnakan agama kalian dan telah Aku sempurnakan nikmat-Ku atas kalian dan Aku ridhoi Islam sebagai agama kalian” (Al Maidah : 3)
Nah begitu juga dalam hal “pakaian”. Islam itu agama yang mudah, tapi jangan sampai kemudahan yang Allah berikan dalam islam justru bikin kita lalai. Islam enggak ngebatesin ruang gerak hamba-hamba Allah, justru peraturan-peraturan dalam islam ada untuk membuat kebebasan manusia lebih terarah ke arah kebaikan. Bukan untuk memberatkan pada hamba-Nya.
لا يكلّف الله نفساً إلاّ وسعها
Sekarang kita hidup di zaman globalisasi. Kita yang di Indonesia, bisa tau ada apa di negeri  nan jauh disana, Kanada, UK, KSA, dsb. Semuanya jadi serba mudah. Kebudayaan-kebudayaan barat pun masuk ke negeri kita tercinta ini dengan mudah nya tanpa permisi. Yang bagusnya ada, yang jeleknya juga ada. Yang baiknya ada yang buruknya juga ada. Dalam berbagai aspek. Kalo zamannya kakek-nenek ene dulu paling kenalnya ketoprak (makanan), kebaya (pakaian), hairstyle belah tengah, kalo mau maen paling maen galasin ato enggak gangsing kayu. Sekarang ? Adek ane yang baru kelas 2 SD udah kenal McD, hairstyle Spiky ato apalah namanya, terus kalo bosen mainnya angry bird atao fruit ninja *maklum masih 2SD*
Coba tengok sabda Nabi
تعس عبد الدّينار و الدّرهم والقطيفة إن أعطي رضي وإن لم يعطى لم يرضى
“Celakalah hamba dinar, hamba dirham, dan hamba pakaian. Kalau diberi dia rela, kalau tidak diberi dia tidak rela”
Tentunya sebagai pemuda /i muslim yang baik o;) , kita harus bisa menyaring dan pilah mana dari produk – produk globalisasi ini yang bolej kita ambil, mana yang enggak. Kalo ibaratnya kopi, gak semuanya kan, ampe ampas-ampasnya bisa kita minum? Begitu juga dalam hal ini Allah menganugerahkan nikmat akal, untuk berpikir dan membedakan mana baik, mana buruk , mana halal manaharam, mana pahala, mana dosa, mana mobil mana sepeda *loh?* Jangan sampai kita menuhankan mode / gaya seperti yang tertuang pada hadits diatas. Maksudnya? Menduakan islam dengan alasan mode. Meremehkan syariat dengan alasan gaya. Matsalan ente nyukur jenggot ente gara-gara takut dicap tua ama temen-temen ente, padahalkan Nabi nganjurinnya agar kita manjangin jenggot, bukan justru dicukur. Nah belum lagi kalo yang diikutin itu mode khas orang – orang kafir bin musyrik bin munafiq bin zindiq bin ahlu kitab.
من تشبّه بقوم فهو منهم
“Barangsiapa yang mengikuti suat kaum, maka ia termasuk golongan mereka….”

Batasan-Batasannya?
“Katanya tadi lu bilang Islam agama yang mudah. Gimana sih ini gak boleh, itu gak boleh”. Bukan gitu bray… iya bebas, iya mudah, tapi gak gitu juga caraya! Sekarang ane tanya satu hal, misalnya nih ente punya temen. Dia itu cowok, ente liat akte kelahiran dia ato buka – buka KTP/KTS (Kartu Pengenal) dia juga dibagian jenis kelamin tulisannya “Laki-laki”. Tapi, suatu saat ente ngelihat dia keluar rumah pake high heels, rok mini warna pink, plus bulu mata yang lentiknya kayak CRJ. Otomatis gimana sikap ente? Ente ngira, ih cewek, ih cewek, padahal dia itu cowok *biarpun gak tulen*. Nah begitu juga seorang muslim. Seorang muslim ketika memakai aksesoris ato baju ato celana ato yaa…apa aja yang identik dengan kaum kufur, maka? Maka orang-orang bakal mengiranya bukan dari golongan muslim. Lain halnya kalo tasyabbuh ini udah terlalu menjamur, -_-.
Kita bebas mau milih baju/pakaian yang pengen kita pake putih ke dalem, pake karet plus gaspernya keliatan merek “OSIS”. Terus juga pake dasi kupu-kupu ama kacamatan full frame, rambut belah tengah kapak pa***t kuda terus juga celana pantopel kaos kakinya selutut warna- warni, buat ke Senayan City gapapa, tapi liat situasi dan juga keadaan. Apa yang dianggep oleh SYARIAT dan SELERA baik, ya gapapa. Inget! SYARI’AT nomor satu.
Gimana aja batesannya? Ini dia :
1.    Gak tasyabbuh ke barat = latah pada Ahlu Kitab (Yahudi dan Nasrani)
Kita muslim, ngapain bangga ama syi’ar Ahlu Kitab ? Bukannya firman Allah yang satu ini udah cukup jelas?
كنتم خير أمة أخرجت للناس تأمرون بالمعروف و تنهون عن المنكر
“Kalian adalah sebaik-baik umat yang dikeluarkan untuk manusia : menyuruh pada kebaikan, melarang dari keburukan dan beriman kepada Allah”
Sebagai remaja/I muslim yang baik, rajin, suka menabung dan tidak sombong :) , kita kudu merhatiiin ayat-ayat Allah dan hadits Nabi yang melarang tasyabbuh alias latah..
ولا تكونوا كالذين أوتوا الكتاب (الحديد 16)
 “Dan janganlah  seperti orang-orang yang Ahlu Kitab Yahudi & Nasrani)”

ليس منّا من تشبّه بغيرنا (أخرجه التّرمذي)
“Bukan termasuk dari kami orang yang menyerapakan diri dengan selain kami” (HR Tirmidzi)

من تشبّه بقوم فهو منهم (أخرجه أبو داود)
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka ia termasuk golongan mereka” (HR Abu Dawud)
Inilah cerminan hidup seorang muslim, sejatinya seorang muslim adalah seorang yang bangga hidup diatas apa nyang Rasulullah bawa. Hidup diatas aqaqidah, hidup diatas sunnah. Hidup diatas gaya hidup para sahabat , para tabi’in, para ulama, para orang shalih, orang-orang yang diridhai Allah dan Rasul-Nya. Bukan hidup diatas kebanggan mengenakan syi’ar kuffar. Bukan hidup diatas kebanggaan mengenakan syi’ar kuffar. Bukan hidup diatas jalan orang-orang yang dimurkai Allah dari kalangan Yahudi, Nasrani dan selainnya. Bukan hidup dengan tidak rasa rindu sama sama sekali untuk mengenakan syi’ar islam. Bukan. Bukanlah Allah telah mengangkat kita sebagai ummat terbaik? Yep, Cuma salah satu syaratnya breh … “Dan beriman kepada Allah..” Bagaimana kita berkata dengan lantangg, ‘Saya seorang yang beriman’ sedangkan kita sendiri malu mengenakan pakaian taqwa yang telah Allah dan Rasul-Nya perintahkan?
Buat apa ngelatah ke para Ahlu neraka? Apakah dengan tasyabbuh ke mereka kita jadi keren? Dibilang gaul? Stylish? Cakep? Oke? Enggak? Enggak sama sekali!
إنّا خلقنا الإنسان في أحسن تقويم . ثمّ رددناه أسفل سافلين . إلا الذين آمنوا و عملوا الصّالحات فلهم أجر غير ممنون .
“Sesungguhnya, kami telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya penciptaan. Lalu kami campakkan mereka serendah-rendahnya. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih, maka bagi mereka pahala yang tidak ada putus-putusnya” (At-Tin).
Justru Allah hinakan dengan sehina-hinanya. Kenapa harus malu? Takut dicap kuno? Kolot? Ketinggalan zaman? Gini dah,soalnya simple aja : misalnya ente takut dicap jelek ama manusia, kenapa ente gak takut dicap jelek ama Allah? Hidup di dunia itu nyari ridho Allah bray, bukan ridho manusia. Lebih baik dijauhin seluruh manusia karena ente megang teguh pakaian taqwa ini tapi diridhoi Allah. Jangan takut ninggalin sesuatu karena Allah, tapi tak takutlah kalo Allah ninggalin kita karena sesuatu.
2.    Gak mengandung hal-hal yang dilarang syari’at seperti mengandung makhluk hidup, de es te.
Sekarang, banyak beredar baju macam gini. Entah itu foto CR, ato siapa itu yang bin(a)tang Hollywood, Tom Cruise, ato enggak band rock Avenged Sevenfold. Dengan cuma modal Corel Draw minimal yang X.4, cetak di baju langsung jadi. Motifnya juga macem-macem. Berbagai warna – warna; ada yang biru danker, ijo norak, merah menyala, sampe kuning ceria. Bolehkah ini?
Syaikh Al Utsaimin pernah berfatwa “Seorang muslim tidak dibolehkan mengenakan pakaian bergambar hewan dan manusia, sebab telah diriwayatkan secara shahih bahwa Nabi bersabda,

إن الملائكة لا بيتاً فيه صورة
“Sesungguhnya malaikat tidak masuk ke rumah yang di dalamnya gambar (makhluk hidup)”
Nah, ada lagi yang laen. Kalo dia ini motif bajunya itu bodyfit a.k.a ngetat banget. Itu baju udah kayak kulit dah, nempel banget. Entah apa yang dipikirkan “beliau” yang make baju kulit itu. Mungkin dia piker make baju ngepress kayak gitu buat mamerin otot dada yang kalo dibilang kayak Beckham sih bukan, ke cewek yang ane gak bisa bedain mana mukanya mana tepung terigu campur minyak jelantah. Sok otot gede padahal bergelambir. Dasar orang… -_- Hahaa shoftoh bor...
Kata Ibnu Haaj dalam ‘Al Madkhal’, termasuk di dalemnya pakaian-pakaian sempit dan pendek dilarag mengenakan keduanya.
Buat cowok aja gak boleh, apalagi buat cewek. Jelas anti tau wahai ukhti muslimah *cieee* *uhuk*, pakaian ketat kayak gitu cuma bikin mata-mata cowok idung belang makin tergoda. Nih ya, tau intan kan? Gimana cara dapetnya? Nambang ampe berbulan-bulan juga kita ga tentu dapat. Susaaaah banget. Begitu juga kalian. Jaga kehormatan kalian dengan gak make pakaian –pakaian ketat dan menutup aurat. Simpanlah itu khusus buat ‘future husband’ kalian nanti *yihaaaaa*. Jangan sampai kesucian kalian jadi santapan empuk setan dan pengikutnya yang senantiasa menjerumuskan Bani Adam hingga hari kiamat. Kalian terlalu suci buat menuhin nafsu cowok-cowok tolol yang nuhanin hawa nafsu mereka.
يآأيها النّبيّ قل لأزواجك و بناتك ونسآء المؤمنين يدنين عليهنّ من جلابيهنّ ذلك أدنى أن يعرفن فلا يؤذين و كان الله غفوراً رحيما (الأحزاب 59)
“Wahai nabi, katakanlah kepada istri – istrimu, anak-anak perempuanmu dan perempuan-perempuan kaum Mukminin agar hendaknya mereka menutup jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, supaya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang” (Al-Ahzab : 59)
Nah, ada satu hal lagi yang bakal dibahas pada kesempatan kali ini. Dia ini model bajunya , umh, bagus sih. Cuma satu hal tulisan gak terkandung di dalamnya. Ane perna nemu baju tulisannya gini,
I’M SEXY AND I KNOW IT – LMFAO
Bentar deh, nih pada tau LMFAO ga? Kayak grup nyanyi isinya 2 orang *dulu tiga*, rambutnya kalo ente mau ujian naro contekan disitu bisa. Nah itu, I’M SEXY AND I KNOW IT salah satu lagu mereka yang lumayan laris. Udah lama sih, Ane lupa tahun berapa, tapi yang jelas lagu itu ngumbar nafsu birahi yang diluar batas-batas halal. Dari judulnya aja udah jelas … -_-
Nah  pertanyaannya, pantaskah seorang pemuda muslim yang shalat 5X sehari di masjid, bersedekah dan membantu orang-orang fakir memakai baju pengumbar syahwat seperti itu? Alangkah indahnya perkataan Rasulullah :
إن الله لا يحب كلّ فاحش متفحّش
“Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang keji dan suka berbuat keji”
إن الله يبغض الفاحش البذئ
“Sesungguhnya Allah membenci orang yang keji lagi jorok bicaranya”
Pemuda yang gaul secara hakiki adalah pemuda yang tetep gaul dengan yang ada.  Kenapa? Karena syariat yang telah ditetapkan Allah dan Rasul-Nya adalah perkara yang justru membuat kebebasan manusiia itu lebih baik. Justru pemuda yang ngaku gaul tapi ngelanggar syariat, ngikutin hawa nafsu, menuhankan syawat merekalah sebenarnya pemuda yang tidak bebas. Kenapa?  Karena mereka tidak bisa meredam hawa nafsu mereka. Seolah merasa bebas padahal terkungkung dibalik jeruji srtan dan antek-anteknya.
Coba kita buka mata sebentar. Lihat saudara – saudara kita yang di Yaman , Suriah, kalo dulu ada Bosnia Herzegovina dan Chechnya. Mereka  udah Allah muliakan. Dengan apa ? Dengan syariat islam, tentunya… Tapi? Mereka justru ninggalin Islam; ninggalin sesuatu yang Tuhan Semesta Alam udah bikin mereka mulia dengan itu. Mungkin dari hal yg seremeh ini; fashion. Akhirnya? Allah cabut rasa takut dari musuh-musuh mereka dan Allah tanem penyakit wahn (cinta dunia dan takut mati) ke dada mereka disebabkan mereka yg mulai ngejauh dari al-Quran dan as-Sunnah. Mereka udah kayak makanan yang dikerubungin buanyak orang. Jumlah nya banyak, tapi kayak buih di lautan.. (bersambung kalo sempet)

0 komentar: