BENANG HALUS SETAN



Sejak dari awal diciptakan iblis, setan dan sekutu-sekutunya emang udah berniat buat ngglincirin anak-anak Adam biar bareng-bareng ke jahannam. Bagaimanapun caranya, entah dia menggoda dari muka, belakang, kanak, kiri, atas maupun bawah. Entah dari hal yang jelas seperti syirik kepada Allah (na’udzubillah) ataupun hal yang samar seperti menghilangkan kebiasaan sunnah dan memperbanya perbuatan mubah. Kalo udah berhasil?
إني بريئ منك إني أخاف الله ربّ العالمين
“Sesungguhnya aku berlepas diri darimu, Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta alam….”
Remaja dengan segala potensi yang dimilikinya untuk menjadi tulang punggung peradaban ummat, adalah masa emas, masa yang paling rentan. Masa yang kalo kita arahin kepada masjd, kepada ibadah, kepada ta’allum (mencari imu syar’i) insya Allah inilah jalan yang Allah dan Rasul-Nya ridhai. Jika sebaliknya masa yang berharga ini justru kita arahin ke diskotik ke hawa nafsu, menuhankan  syhawat dan lain sebagainya, maka bagaimana Allah akan memuliakan kita dengan islam? *bahasasastrawan* *maksain*
Disinilah peran setan. Dengan ikrarnya yaitu bakal ngegelincirin kita-kita semua, tentunya kita a.k.a remaja adalah sasaran empuk puk puk puk. Ngerasa berdosa engga kalo lagi berbuat dosa? Kalo jawabannya enggak, nah itu lah yang mereka (setan dkk) harepin. Gimana ngegodanya? Ya, pelan-pelan. Dari hal-hal yang memang pada dasarnya mubah (boleh), seperti olahraga (bagaimana setan ini membuat kita lalai dari Allah dengan olahraga) atau fashion (merasa bangga mengenakan baju dengan syiar ato slogan ahlu kitab), bisa juga dengan permainan (tentu, yang melalaikan kita dari Al Qur’an) Dan tentu saja dengan hal yang insya Allah bakal ane bahas pada kesempatan malam yang cerah iri? Sebuah hal yang udah emang jadi fitrah manusia. Setan licik banget ya? Yup, mau tau hal apa itu ?
Mau tau?
Mau tau?
Mau taa-u? dan HAL ITU ADALAH! DAN HAL ITU ADALAH! JEBREEET AHAAAY!! *krik* *gak lucu ah* -_- Yup, tentu saja : cinta.
Hakikiatnya?
Allah menciptakan segala sesuatu di muka bumi itu berpasangan. Ada siang, ada malam. Ada matahari, ada bulan. Ada sendok, ada garpu. Ada saos, ada kecap, ada saos Lombok, ada kecap pedes, ada saos mangga, ada kecap enek ß calon kasir SS.
*Entahlah, biarkan author ngelantur*
Ane? Cukup ane ama blog ini aja <3 :* cieeeeehh….
يآأيها الناس إنا خلقناكم من ذكر و أنثى و جعلناكم شعوباً و قبائل لتعارفو (الحجرات)
“Wahai manusia sesungguhnya. Kami telah menciptakan kalian dari laki-laki dan perempuan dan kami jadikan kalian bersuku – suku dan berkabilah agar kalian saling mengenal”.

ومن كلّ شيئ خلقنا الزّوجين لعلّكم تذكّرون (الذاريات)
“Dan dari segala sesuatu Kami ciptakan dengan berpasangan ahar kalian selalu mengingat”.
Sudah sunnatullah, kalau laki-laki sukanya ama perempuan. Ente cari dah, dari zaman Nabi Adam ampe nanti Allah nyuruh malaikat-Nya niup sangkakala, Cowok mana yang gak suka cewek putih mulus tanpa gope (koreng), yang lentik matanya, gak nahan. Gak ada kan? Kalopun ada, itu namanya udah nyelewengin fitrah (homo – lesbi - trangender). Laknat Allah atas mereka.
Agama islam yang merupakan rahmat bagi semesta alam, tentunya gak bakal menahan manusia dari fitrahnya yang satu ini. Sampe pernah ada kejadian 3 sahabat datang ke Rasulullah yang satu bilang kalo dia sholat seharian dan gak tidur, yang satu bilang dia berpuasa terus dan gak berbuka dan yang satu bilang dia nuntut ilmu dan gak nikah. Apakah dengan kayak gini Nabi kagum? Gimana respon beliau? Beliau justru membalas (lupa teks redaksinya, tapi intinya  begini) ‘Kalaupun saya, saya adalah hamba Allah, utusan-Nya. Saya shalat dan saya tidur. Saya shaum dan saya berbuka. Saya menuntut ilmu dan saya nikah,” terus terakhirnya beliau bersabda;
من رغب عن سنّتي فليس منّي
“Maka barangsiapa yang membenci sunnahku maka ia bukan dari golonganku”
Kenapa Nabi seperti itu? Ya karena Nabi tahu, islam gak pernah menahan manusia dari fitrah-fitrah mereka. Tapi, tentu saja semuanya sudah diatur dalam islam. Mana yang boleh, mana yang enggak. Mana yang halal, mana yang haram. Justru orang-orang yang melanggar fitrah manusiawi itu sendiri adalah orang-orang yang dkecam oleh Allah. Inget gak, gimana Allah mengadzab kaum Nabi Luth? Allah jungkirbalikkan tanah tempat mereka berpijak karena mereka mengingkari fitrah manusiawi itu dengan melakukan tindakan jelek nan keji alias “H – O – M – O ”.
Problematika kita disini adalah sebagian besar diantara kita (khususnya pemuda) gak mau ngambil jalan resmi yang syar’i (nikah) dan justru malah ngambil jalan pintas, alias pacaran. Kedoknya juga banyak, entah katanya sih tanashuh (saling menasehati) dalam kebaikan. Nah yang model kayak gini biasanya kalo sms, ‘ukhti udah sholat ashar belum?’ ato ‘akhi jangan lupa muroja’ah qur’an ya?’ Macamnya juga beragam, ada yang bilang TTM (Temen Tapi Mesra) atao HTS (Hubungan Tanpa Status), ato entahlah apa namanya. Tapi inti dibalik nama-nama itu ya cuma satu. Tentu saja: menjalin hubungan cinta yang Allah dan Rasul-Nya haramkan.
Ketika Syahwat Jadi ‘Tuhan’
إنّا هديناه السّبيل إمّا شاكراً و إما كفوراً
“Sesungguhnya kami beri dia (manusia) jalan, entah syukur entah kufur”
Sejatinya kita hidup di dunia udah dikarunia Allah 2 jalan yang diwahyukan Allah, diajarkan oleh Nabi-Nya    dipraktekkan oleh para sahabat, tabi’ut tabi’in. para mujahid dan orang-orang shalih hingga akhir zaman. Sebaliknya jalan hawa nafsu adalah jalan yang dipenuhi bumbu-bumbu kelezatan duniawi sesaat yang menipu, untuk menjerumuskan manusia guna menimbulkan bahan bakar neraka nanti.
Kata Ibnul Qoyyim, “Kalaulah seseorang berpendapat bahwa hawa nafsu itu mutlak tercela, hal ini bisa dipahami karena pada umumnya hawa nafsu itu mlahirkan sesuatu yang haram ato mengarah ke yang haram karena kadarnya yang kelewatan batas.”  Kalo syahwat itu dibaratain kayak jarring yang bala-bala, eh laba-laba maka serangga-serangga yang nempel disitu adalah orang-orang ‘bodoh’ yang kena hasutan iblis ini. Kenapa ‘orang-orang bodoh?’ Karena serangga yang pinter ga bakal terperangkap ama sarang laba-laba ini. Karena muslim yang pinter gak mungkin terjerumus ke hal-hal yang kayak gitu. Bukankah Allah udah menciptakan manusia dengan akal, yang dengannya kita bisa bedain mana manusia mana hewan. Alaisa kadzalik? Balaa… dengan ini jelas kita lebih unggul daripada kambing, sapi, dkk. Tapi? Kalo manusia gak mau nerima pertimbangan akal alias lebih rela dia dikuasaain ama hawa nafsu, yowis. Jadilah orang itu lebih hina daripada hewan alias manusia gak berakal alias binatang!
أولائك كالأنعام بل هم أضلّ
“Mereka itu tidak lain seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat….”
Semua binatang dari berbagai jenis free alias BEBAS dikala ngelampiasin keinginannya. Kenapa? Karena mereka emang gak ada pertanggungjawaban d hari akhirat nanti. Lah kita ? Kita udah dikasih Allah akal buat bedain yang bener ama yang buruk. Kalo syahwat / hawa nafsu udah jadi Tuhan beh ane jamin dah nyesel ampe 7 turunan. Hina banget!
Begitulah setan dan janji seumur hidupnya yaitu bakal ngejerumusin smeua bani Adam hingga hari kiamat, godaan – godaan mereka ngalir udah kayak desiran darah yang ngalir dalam tubuh. Mereka begitu dekat…begitu nyata. Begitu banyak pemuda muslim yang terbuai dengan bisikan iblis. La’natullah ‘alaihi- yang bilang , “Kamu kan cinta dia karena Allah.” Told you semua itu bullshit! Otak ente lagi dicuci! *belum kering*
Sekarang pertanyaannya, “ente benar cinta dia krn Allah?” kalo iya, knp ngajak dia pacaran? Dengan ini secara gak langsung ente udah nyeret orang yg ente sayangi ke Jahannam karea sifat gegabah ente yang maunya instan dan serba buru-buru. Dan juga satu hal lagi, ada Dzat  yang lebih berhak ente cintai. Siapa? Allah ! Yang menciptakan ente, yang ngasih makan ente, yang rahmat-Nya gak diputus buat ente. Gimana mencintai Allah dengan hakiki, sedangkan ente terus-terusan ngelanggar larangan-larangan Allah (salah satunya dengan pacaran ini), lari kalo dinasehatin, tutup kuping seolah ente yang paling bener? Buktikan cinta ente,ke Allah! Karena Dia-lah Dzat yang lebih berhak ente cintai. Kerjakan perintah-Nya! Jauhi larangan-Nya! Pelihara batas-batas Nya ! Jangan justru ente nyari jalan kebalikan yang malah mendatangkan penyesalan pada akhirnya kelak. Ga sempurna iman seseorang sampa dia cinta ama Allah. Rasul-Nya melebihi siapapun di muka bumi.
Akhi/ukhti sebelum matahari terbenam. Sebelum nasi jadi bubur. Sebelum kesucian jadi ternodai. Sebelum semuanya terlambat. Salurkan cinta itu pada tempatnya. Percaya deh… semua bakal indah kalo memang udah pada waktunya. Kalo terburu-buru dampaknya juga fatal. Fatal bagi agama, fatal juga bagi hubungan ente. Ada orang hawian ampe 9 tahun, giliran nikah Cuma ampe 2 bulan1 Kalo emang udah siap segera lobi orang tua ente. Upayakan biar prosesnya jalan sesuai syariat Allah. “Jangan lupa undangane :D”. Waaaks…bercanda doang kok… Ente masih terlalu mulia buat tunduk ama hawa nafsu setan, iblis dan kaki tangannya. Nasihat ane…ekhm ekhm *serakserakbasah*, jangan pernah sekalipun jangan pernah bermaksiat kepada-Nya dari yang ente cintai. Karena ente tau? Hati orang yang ente cintai itu ada di tangan Dzat yang ente maksiatin. Kata guru fiqih ane al-Ustadz Hamdani Zahid hafidzahullah;
لا تعص الله لأجل من أحببت فإنّ قلب الذي من أحببت بيد من عصيت
“Jangan bermaksiat kepada Allah untuk orang yang ente cintai, karena hati orang yang ente cintai di tangan Dzat yang ente maksiatin”
Ane belum siap kalo  harus nikah, ane masih ABG. Ya kalo emang belum siap , jangan coba-coba ambil jalan pintas. Yup, sabar. Sebuah rumus sederhana buat nangkal berbagai konspirasi jahat setan de ka ka. Sebuah akhlak mulia nan indah yang bisa nahan orang dari hal-hal yang gak baik dan gak pantes. Dan juga, sebuah “gunting” buat ngadepin belitan benalu syahwat dan hawa nafsu yang dililitkan dan dipoles ama musuh-musuh kebenaran. Sabar plus tawakkal. Kita sabar, kita tawakkal, dan percaya kalo Allah udah nyiapin yang lebih baik.
Kata mamah, belajar aja dulu yang bener! Percaya deh, ente belajar yang bener insyaAllah calon yang udah disiapin ama Allah buat ente juga lagi belajar yang bener. Prinsipnya, cowok shalih itu buat cewek shalihah, begitu. Mumpung masih muda, bray. Bikin cita-cita yang tingg! Usaha! ikhtiar! Capai cita-cita! Jangan habisin waktu ente buat hal-hal gak guna. Ane punya temen, ente tau? ½ semester dia HANCUR gegara hawian (pacaran). Semua hal yang bermuara pada hawa nafsu sesaat yang nipu, gak bakal ngasih manfaat, justru kemadhorotan. Sejatinya, hawa nafsu itu ngajak pada kenikmatan tanpa nimbang-nimbang akibatnya. Banyak kelezatan yang justru pada hakikatnya itu membunuh kebahagiaan….
Belum lagi, sekarag  itu zaman globalisasi. Kesabaran harus ekstra bray…  Zaman sekarang pub likasi, tontonan, bacaan dan hasutan buat remaja-remaja islam udah banyak nyebar, bahkan gak asing lagi. Isinya? Bercinta, memadu kasih bukan pada jalan yang diajarkan Rasulullah. Coba kalo ente bisa kitung, berapa banyak dalam setengah hari aja, tontonan tentang love story anak-anak Adam? Berapa banyak tulisan tentang asmara pra nikah para remaja? Seolah menjadikan kebebasan pergaulan remaja dengan sebebas-bebasnya hal yang lumrah. Seolah lepas dari aturan islam yang mulia. Bahkan banyak dari orang tua yang ngasih anaknya lampu ijo buat nglakuin hal-hal “laghwi” kayak gitu.
Terus gimana kalo udah terlanjur?
Hmmhhh…. Ane tau, yang namanya ninggalin maksiat gak segampang balik telapak tangan. Butuh proses. Cobalah ente pelan-pelan jelasin ke beliau. InsyaAllah Allah nunjukin ke arah yang baik. Gak usah takut-takut… jangan takut ninggalin sesuatukarena Allah. Justru takutlah kalo Alllah bakal ninggalin lu karena seseuatu. Sabar! Nafsu syahwat percintaan cuma bisa dilawan dengan kesabaran. Gak sabar, makan setanpun berhasil. Gabung ama temen-temen yang shalih, para pemuda masjid dan orang-orag yang selalu aktif di pengajian kan? Menangkis makar iblis bisa lebih mudah kalo deket ama orang-orang shalih.
Sedihnya, banyak yang kena cengkeraman iblis dalam hal yang satu ini, tapi dia itu gak mau nyadar. Justru ketika diingetin malah ngelawan, ngebantah, tutup kuping, seolah-olah dia dipihak yang bener. Nganggep hal yang haram malah berpahala.
Ngadepin makar licik iblis yang satu ini butuh ilmu disamping kesabaran yang ekstra pedas! Loh.. Tanem baik-baik dalam dada! Karena tanpa 2 hal itu, kita bakal jadi bulan-bulanan permainan kaki tangan setan, iblis, dan kawan-kawannya. La’natullah’alaihim…
14 Desember 2013
02.45 PM - Kamar Yaman I

0 komentar: